Rabu, 26 Desember 2012

TUGAS IMAKOM 3



              

Sejauh mana Dampak Teknologi terhadap Gambar di atas?

  Pada gambar yang tertera diatas, teknologi terlihat masih sangat minim didaerah tersebut. Terlihat dari kondisi tempat yang sangat kumuh, dan tidak terawat. Teknologi yang dirasakan oleh masyarakat di daerah tersebut mungkin hanya Televisi, radio, terlihat dari adanya antena televisi diatap-atap rumah warga. Karena adanya televisi, sudah pasti disana juga sudah ada listrik. Hal ini juga ditegaskan oleh adanya tiang listrik yang terlihat pada gambar. Kemudian HP juga sudah dimiliki, tapi hanya oleh sebahagian kecil warganya saja. Warga disana juga terlihat sangat kekurangan dan sangat sulit mendapatkan sumber air bersih untuk minum, mencuci, dan kebutuhan sehari-hari lainnya. Minimnya teknologi juga terasa karena tidak adanya fasilitas-fasilitas seperti warnet, sekolah, dan lain sebagainya. Bagaimana teknologi bisa diterapkan secara maksimal di daerah tersebut, sementara kondisi tempatnya yang kumuh, airnya yang kotor, sampah berserakan, bangunan dan tempat tinggal yang tidak layak, anak-anak yang tidak sekolah, fasilitas yang tidak memadai, sehingga masyarakat pun mungkin tidak mengenal teknologi.
                Ide kreatif untuk memperbaiki kondisi tersebut mungkin dengan memperbaiki keadaan lingkungan disana agar terlihat lebih indah dan lebih nyaman untuk ditinggali. Contohnya yaitu dengan menghancurkan semua bangunan-bangunannya, kemudian diganti dengan mendirikan sebuah perumnas yang bersih, sehat dan lebih nyaman untuk ditinggali, yang dilengkapi juga dengan air yang bersih. Kemudian didirikan berbagai fasilitas-fasilitas yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar, seperti sekolah, tempat ibadah, posyandu, puskesmas, warnet, agar warga sekitar dapat merasakan manfaat internet untuk rakyat. Sampah-sampah yang ada di sekitar bisa disingkirkan, dan jika ada sampah yang bisa di daur ulang, masyarakat sekitar bisa memanfaatkannya untuk menambah pemasukan uang. Karena dalam hidup ini yang paling penting, nomor satu adalah uang, nomor dua juga uang. Kita juga bisa menciptakan lapangan pekerjaan, misalnya bagi masyarakat di daerah tersebut yang mempunyai keahlian khusus, seperti pemuda pemudi yang memiliki ijazah, namun masih menganggur, kita bisa memperkerjakannya di sekolah untuk mengajar siswa siswi, atau di lembaga permasyarakatan lainnya. Sehingga dapat mengurangi jumlah pengangguran yang ada di daerah tersebut, dan wargapun menjadi lebih sejahtera.
                Prospek yang baik untuk mengubah citra gambar diatas agar menjadi lebih baik adalah yaitu dengan merobohkan rumah-rumah dan semua bangunan yang ada disana, karena terlihat sangat kumuh, tidak terawat dan tidak enak di pandang mata. Kemudian sebagai gantinya dibangun perumnas untuk ditinggali oleh warga tersebut. Sampah-sampah yang berserakan dimusnahkan karena sangat mengganggu pemandangan, disamping itu juga pasti menimbulkan bau yang sangat mengganggu dan tidak sedap, serta dapat mendatangkan berbagai penyakit terhadap warga yang tinggal didaerah tersebut, seperti malaria dan demam berdarah karena sampah-sampah yang menumpuk dapat menjadi sarang nyamuk, selain itu tumpukan sampah tersebut juga dapat menyebabkan banjir saat musim hujan tiba. Warga sekitar bisa diminta untuk membudayakan kebiasaan hidup bersih dan di biasakan untuk menanam bunga dan pohon. Bunga dapat membuat pemandangan terlihat lebih indah, dan pohon yang ditanam dapat membuat tempat tersebut menjadi lebih hijau dan asri, serta juga dapat membuat udara menjadi lebih segar. Dengan begitu, warga pun menjadi lebih sehat karena udara yang dihirup bersih dan sehat. Sungai yang ada dibersihkan. Karena sungai yang kotor dapat menjadi sumber penyakit. Hal ini bisa dilakukan dengan cara gotong royong. Kemudian didirikan berbagai fasilitas-fasilitas umum seperti sekolah, puskesmas, tempat ibadah, dan warnet agar masyarakat sekitar dapat lebih mngenal teknologi. Dah gitu aja...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar